GEBYAR ORTEK PRASIAGA IGTKI

Guru PAUD yang berada di wilayah kecamatan Patrol, Sukra dan Anjatan mengikuti kegiatan Orientasi Teknis (Ortek) Kepanduan atau Pramuka Prasiaga, di Kecamatan Patrol, Selasa (13/09/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh camat Patrol yaitu Rusyad Nurdin, ST., M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bapak H. Mardono, SE., M.Si .

Pramuka Prasiaga PAUD merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk karakter dan kepribadian anak usia 3-7 tahun.

Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan nilai-nilai kepramukaan kepada anak-anak melalui pengembangan karakter, fisik, kecakapan, dan kemampuan berbuat kebaikan guna menjadi warga negara Indonesia yang tangguh dan siap menjadi bagian persaudaraan umat manusia di seluruh dunia yang saling menguatkan dan hormat-menghormati satu sama lain.

Berdasarkan Keputusan Presiden dan Mendikbud tahun 2019, dalam mendukung pembentukan karakter bangsa maka jenjang atau tingkatan pramuka ditambah. Tadinya tingkatan awal tersebut Pramuka Siaga, maka terhitung sejak tahun 2019 launching Pramuka Prasiaga oleh Kwaran Nasional dan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

Pramuka Prasiaga sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2019 oleh Kwartir Nasional. Pengenalan pramuka pada anak usia dini merupakan upaya pendidikan karakter melalui model pembelajaran yang ditujukan memenuhi delapan kecerdasan anak usia dini, dan perangsangan perkembangan motorik serta perkembangan kognitif pada anak usia dini,

Kegiatan ini berjalan lancar dan cukup meriah. bahkan para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.  

 

Scroll to Top